Bahaya makanan yang mengandung asam lemak trans

5 Pengaruh Asam Lemak Trans Terhadap Kesehatan, Batasi Asupan Makanan Ini Untuk Mencegah Dampak Buruknya

Share this :

Seiring perkembangan zaman, pola makan modern menjadi banyak diminati oleh hampir seluruh kalangan umur terutama makanan makanan yang digoreng. Faktanya, gorengan mengandung berbagai macam jenis lemak yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah asam lemak trans. Sebelum membahas pengaruh asam lemak trans terhadap kesehatan, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang manfaat lemak bagi tubuh kita.

Pengaruh Asam Lemak Trans Terhadap Kesehatan

Lemak merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain sebagai sumber energi, lemak merupakan bagian dari membran sel, menjaga keseimbangan suhu tubuh, pelindung organ-organ, mediator aktivitas biologis antar sel dan membantu proses penyerapan berbagai vitamin seperti vitamin A, D, E, K. Meski sering dianggap mengganggu penampilan dan juga kesehatan, keberadaan lemak sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Di samping banyaknya manfaat dari lemak bagi kesehatan, keberadaan lemak dalam jumlah berlebih berdampak buruk pada kesehatan salah satunya dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Di Indonesia bahkan dunia, penyakit jantung masih menjadi permasalahan yang serius. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 17,9 miliyar orang di seluruh dunia mengalami kematian di tahun 2016 akibat penyakit kardiovaskular dan 85% dari kematian tersebut diakibatkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke.

Orang dengan penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, hiperlipidemia memerlukan deteksi dan penanganan dini dengan terapi yang sesuai untuk mencegah terjadinya penyakit jantung lebih lanjut.

Baca juga : Antihipertensi yang direkomendasikan dalam JNC 8

Tentunya tidak semua jenis lemak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan lainnya. Namun, apabila minyak tersebut dipakai untuk menggoreng secara berulang-ulang maka asam lemak tak jenuh yang bersifat labil terhadap pemanasan akan berubah menjadi asam lemak dalam bentuk trans.

Apa Itu Asam Lemak Trans?

Asam lemak trans atau trans fatty acid (TFA) umumnya berasal dari sumber makanan, yaitu produk hewan pemamah biak (susu, daging, jaringan adiposa), minyak yang dihidrogenasi sebagian (margarine, shortening, cooking fats) dan minyak yang telah dihilangkan baunya terutama minyak yang mengandung asam alfa linolenik (minyak kacang kedelai dan repaseed oils). Dari beberapa penelitian dapat disimpulkan bahwa batas atas asam lemak trans yang aman sekitar 2% kkal.

Asam lemak trans terbentuk akibat proses dihidrogenasi sebagian dari asam lemak tidak jenuh yang diolah dengan temperatur tinggi sehingga mengalami isomerasi (perubahan struktur kimia) dari bentuk “Cis” (bentuk normal) menjadi bentuk “Trans”. Asam lemak trans ini terkandung dalam makanan yang digoreng dengan proses deepfrying (direndam dalam minyak) dengan suhu tinggi dan atau minyak yang mengalami proses pemadatan seperti margarine.

menggoreng dengan cara deepfrying
proses menggoreng dengan cara deepfrying

Beberapa perusahaan atau produsen makanan menambahkan minyak terhidrogenasi sebagian ini dalam makanan yang diproduksinya dengan tujuan untuk menjadikan makanan yang tahan lama dan memiliki rasa yang lezat.

Berikut Contoh Makanan yang Mengandung Asam Lemak Trans :

Ilustrasi Mentega Sumber Asam Lemak Trans
Ilustrasi Mentega
  1. Makanan yang digoreng dengan suhu tinggi menggunakan minyak yang dipakai berulang
  2. Berbagai jenis makanan yang banyak mengandung margarine/metega (Popcorn, donat, pie, dsb)
  3. Berbagai jenis biskuit
  4. Makanan cepat saji (kentang goreng, dsb)
  5. Aneka camilan keripik

Tentunya makanan – makanan di atas sulit untuk dihindari karena keberadaannya yang cukup banyak disekitar kita, namun alangkah baiknya kita membatasi asupan makanan yang mengandung asam lemak trans tersebut karena dampaknya yang cukup serius bagi kesehatan kita dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Pengaruh Asam Lemak Trans Terhadap Kesehatan

Asam lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan secara bersamaan dapat menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik baik) hal ini dapat memperbesar rasio kadar kolesterol total dan meningkatkan resiko infark miokard sebesar 53%.

Dampak buruk asam lemak trans bagi kesehatan, diantaranya :

1. Penyakit Jantung Koroner (PJK)

5 Pengaruh Asam Lemak Trans Terhadap Kesehatan, Batasi Asupan Makanan Ini Untuk Mencegah Dampak Buruknya Hey Healthiest
Kolesterol akan menumpuk di arteri sehingga membentuk plak yang akan mengurangi atau menghalangi aliran darah. Sumber : cdc.gov/cholesterol

Penelitian menunjukan TFA merupakan faktor resiko utama pada PJK. Tingginya kadar LDL dapat meningkatkan pembentukan plak (sumbatan) di dinding arteri koroner sehingga plak ini mengakibatkan aliran darah ke jantung terhambat dan akan menyebabkan Penyakit Jantung Koroner. Sehingga TFA memiliki efek dua kali lipat lebih buruk dari asam lemak jenuh atau kolesterol.

2. Stroke

stroke menyebabkan kematian jaringan di otak
Sumber : cdc.gov/stroke/about

Pengaruh asam lemak trans terhadap kesehatan selanjutnya adalah Stroke. Berdasarkan penyebabnya, stroke dibagi menjadi stroke hemoragik (pecahnya pembuluh darah di otak) dan stroke iskemik (tersumbatnya pembuluh darah ke otak). Meningkatnya pembentukan plak dalam pembuluh darah memungkinkan plak tersebut beredar dalam pembuluh darah sehingga dapat menghambat aliran darah ke otak yang menyebabkan suplai oksigen ke jaringan otak berkurang dan berujung pada kematian sel otak, maka terjadilah stroke.

3. Diabetes

Keberadaan asam lemak trans di dalam tubuh dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mengontrol gula darah, hal ini dapat berbahaya karena resistensi insulin dapat terjadi.

Baca juga : Pedoman Pencegahan Diabetes Melitus Type 2 di Indonesia

4. Kegemukan

Kegemukan yang diakibatkan pola makan yang tidak sehat akan berujung pada terjadinya obesitas. Obesitas dapat diartikan sebagai suatu penyakit yang ditandai dengan penimbunan lemak tubuh secara berlebihan. Konsumsi makanan yang berminyak menjadi masalah apabila tidak diiringi dengan pengolahan makanan yang baik dan tidak sesuai dengan komposisi yang dianjurkan.

5. Mengganggu perkembangan Janin dan Otak

Pengaruh asam lemak trans terhadap kesehatan yang belum banyak diketahui adalah dapat mengganggu perkembangan janin dan otak. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung TFA akan mempengaruhi perkembangan janin dikarenakan TFA mengganggu metabolisme asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan dan berperan dalam perkembengan otak dan penglihatan sehingga pada masa kehamilan asupan TFA diduga akan menghambat metabolisme asam lemak esensial yang dapat mengganggu perkembangan janin. Hal ini menunjukan konsumsi mentega atau makanan yang banyak mengandung mentega tidak dianjurkan bagi anak-anak. Penggunaan margarin lunak (soft margarine) yang mengandung TFA dalam jumlah sedikit lebih dianjurkan dibanding metega yang mengandung asam lemak jenuh.

Referensi :

Tuminah, S. (2009). Efek asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh” trans” terhadap kesehatan. Media penelitian dan pengembangan kesehatan.

Ghani, L., Susilawati, M. D., & Novriani, H. (2016). Faktor risiko dominan penyakit jantung koroner di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan44(3), 153-164.

Silalahi, J., & Tampubolon, S. D. R. (2002). ASAM LEMAK TRANS DALAM MAKANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEHATAN [Trans Fatty Acids in Foods and Their Effects on Human Health]. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan13(2), 184.


Share this :

Related Posts

3 thoughts on “5 Pengaruh Asam Lemak Trans Terhadap Kesehatan, Batasi Asupan Makanan Ini Untuk Mencegah Dampak Buruknya

  1. Sangat membantu artikelnya bagi saya pribadi, tentunya bagi teman teman yang lain juga, dan akan saya beritahukan kepada teman saya bahwasannya incanesia.com adalah sumber/situs yang harus dikunjungi sebagai informasi kesehatan yang baik, dikarenakan teman saya sangan hobi berkuliner tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Terimakasih kak

  2. Artikel ini sangat membantu bagi saya pribadi, karena menambah wawasan terkait peranan lemak di dalam tubuh serta memberikan informasi dampak lemak trans bagi kesehatan. Semoga makin banyak masyarakat tahu pentingnya menjaga pola makan untuk menjaga kesehatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *