cara mengatasi kebotakan di usia muda

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Dengan 10 Bahan Alami Dari Sumber Jurnal Penelitian

Share this :

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan — Rambut pada tubuh manusia memiliki banyak fungsi salah satunya memiliki fungsi estetika. Bagi wanita umunya rambut merupakan mahkota dan bagi pria rambut dapat meningkatkan rasa percaya diri. Namun berbagai macam perawatan pada rambut yang salah justru menjadi masalah besar yang menyebabkan rambut rontok hingga kebotakan yang dapat terjadi di usia muda. Untuk itu, cara mengatasi rambut rontok berlebihan perlu dilakukan untuk mencegah rambut rontok yang semakin parah dan mencegah kebotakan di usia muda.

Rambut yang sehat umumnya memiliki ciri – ciri tebal, berkilau, tidak kering atau lepek dan tidak rontok dalam jumlah yang banyak. Struktur rambut terdiri atas akar dan tangkai rambut yang mana bagian akar rambut tertanam di bawah kulit dan dialiri darah melalui saraf. Oleh karena itu, pertumbuhan rambut sangat dipengaruhi atas makanan yang kita konsumsi dan perawatan rambut sepeti apa yang kita gunakan.

Rambut rontok (hair loss) dikatakan sebuah kelainan apabila jumlah rambut yang terlepas berjumlah sangat banyak setiap harinya dan jumlah rambut yang tumbuh sangat sedikit atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Menurut jurnal penelitian, jumlah folikel rambut normal berkisar 100.000 dan dikatakan kelainan apabila jumlah rambut yang ada hanya mencapai setengahnya (50%) atau sekitar 50.000 helai rambut.

Penyebab Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan
Penggunaan hair dryer terlalu sering dapat menghilangkan kelembaban pada rambut
  • Pemilihan jenis perawatan rambut yang tidak sesuai
  • Penggunaan hair dryer dan catokan rambut yang terlalu sering
  • Proses penuaan
  • Stres fisik, mental atau emosional
  • Keturunan
  • Ketidakseimbangan hormonal
  • Crash diet (diet ekstrim yang sangat membatasi asupan kalori)
  • Gangguan kulit kepala (infeksi jamur atau bakteri)
  • Kondisi medis / adanya penyakit tertentu (penyakit tiroid, lupus)
  • Obat-obatan, radiasi dan kemoterapi untuk kanker

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

1- Terapi Non Farmakologi / Tanpa Obat – obatan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan
Penggunan sisir bergigi jarang dapat mencegah rambut tertarik sehingga mengurangi kerontokan rambut
  • Lakukan latihan relaksasi untuk mengurangi ketegangan dan kecemasan.
  • Merencanakan menu makanan dengan gizi seimbang.
  • Hindari penggunaan sampo yang bersifat kuat dan produk perawatan rambut lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut.
  • Keringkan rambut dengan cara menekan – nekan area kepala menggunakan handuk.
  • Gunakan sisir bergigi jarang untuk menurangi kerontokan rambut.
  • Sisir rambut secara perlahan mulai dari akar sehingga minyak yang dihasilkan oleh kulit kepala bisa tersebar ke seluruh area kepala.
  • Hindari metode perawatan rambut yang dapat menyebabkan kerusakan seperti mengikatnya dengan kuat/mengepang, meluruskan dengan obat pelurus rambut, mewarnai rambut dan mengeringkannya menggunakan alat pengering rambut dengan suhu yang panas.
  • Lakukan pijatan ringan dan hindari menggaruk kulit kepala saat keramas .
  • Kenakan topi saat terkena panas matahari atau melindungi area kepala yang mengalami kebotakan agar terhindar dari luka bakar pada kulit kepala.
  • Konsultasikan dengan dokter apabila kerontokan rambut diduga disebabkan oleh obat – obatan yang sedang dikonsumsi.

2 – Terapi Farmakologi Obat – obatan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Penggunaan obat – obatan untuk penanganan rambut rontok perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk diagnosa yang tepat dan mendapat rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan indikasi. Berikut obat – obatan yang dipakai untuk menangani rambut rontok :

1. Minoxidil

Merupakan obat topikal yang diaplikasikan ke kulit kepala dengan cara digosok pada bagian yang mengalami kebotakan dua kali sehari. Obat ini harus digunakan secara rutin karena apabila dihentikan maka kebotakan dapat terjadi lagi. Minoxidil bekerja dengan merangsang pertumbuhan rambut baru. Efek samping yang sering terjadi dari penggunaan obat ini adalah iritasi kulit dan gatal di bagian kulit kepala.

2. Finasteride

Finasteride umunya digunakan untuk terapi gangguan prostat, namun dalam dosis yang lebih rendah dapat mencegah atau memperlambat proses kebotakan dengan cara menghambat hormon yang dapat menyebabkan kebotakan pada folikel rambut.

3. Hormon Kortikosteroid

Umumnya digunakan untuk pasien yang sudah mengalami kebotakan (alopecia areata) akibat penyakit auto imun.

3 – Bahan Alami Untuk Rambut Rontok

Maraknya produk -produk perawatan kecantikan yang memiliki klaim berefek instan dan murah seringkali memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan karena seringkali produk yang dijual adalah produk abal – abal, palsu atau mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh sebab itu, banyak orang mulai beralih ke perawatan herbal atau alami karena dinilai lebih aman dan relatif murah karena dapat diracik sendiri di rumah dengan peralatan seadanya. Berikut Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan 10 Bahan Alami Untuk Rambut Rontok dari Sumber Jurnal:

1. Pakis Gajah (Angiopteris evecta)

Angiopteris evecta
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Angiopteris_evecta

Di daerah Jawa Barat, tanaman pakis gajah sudah terkenal sebagai obat tradisional yang memiliki banyak khasiat kesehatan salah satunya dalam mengobati kebotakan dan sudah dibuktikan oleh masyarakat Galunggung (Garut, Jawa Barat). Namun keberadaannya sebagai obat tradisional belum terlalu dikenal publik karena kalah pamor dengan tanaman lain seperti seledri dan kemiri dalam mengatasi rambut rontok dan kebotakan.

Perasan air dari akar pakis memiliki aktivitas yang baik sebagai perangsang rambut karena mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, saponin, polifenol dan tanin.

2. Kemiri (Aleurites moluccana W)

Kemiri telah dikenal sebagai tanaman yang memiliki khasiat dalam mengatasi rambut rontok, menjadikan rambut lebat dan membuat rambut hitam berkilau secara alami. Penelitian telah mengungkapkan bahwa minyak kemiri dapat meningkatkan pertumbuhan rambut kelinci yang semula memiliki panjang 2 cm dan setelah 18 hari menjadi 11,20 cm. Faktor yang mempengaruhi panjangnya rambut kelinci disebabkan karena asam lemak pada kemiri yang memicu pertumbuhan rambut, selain itu nutrisi juga memiliki peranan yang sangat penting terhadap pertumbuhan rambut.

Minyak kemiri dapat diperoleh dengan cara menyangrai kemiri kemudian dihaluskan dan peras bagian yang sudah halus. Gunakan minyak kemiri sebagai masker rambut atau creambath.

3. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Penggunaan lidah buaya dalam mengatasi rambut rontok sudah tidak asing lagi dikarenakan lidah buaya memiliki khasiat mengurangi kerontokan pada rambut dan menguatkan akar rambut.

Gunakan daging dan lendir lidah buaya sebagai masker rambut sambil memijatnya secara halus lalu diamkan beberapa saat agar nutrisi dari lidah buaya dapat terserap oleh kulit kepala kemudian bilas. Untuk hasil maksimal gunakan masker lidah buaya dua sampai tiga kali seminggu.

4. Apel

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan menggunakan apel
Cara mengatasi rambut rontok berlebihan menggunakan apel

Daging apel memiliki senyawa procyanin B-2 yang memiliki aktivitas hampir sama dengan minoxidil yaitu meningkatkan aktivitas pertumbuhan sel folikel rambut. Berbeda dengan minoxidil yang memiliki efek samping inflamasi, procyanin B-2 pada apel aman untuk digunakan.

Penggunaannya dalam mengatasi rambut rontok dapat dilakukan dengan cara menghaluskan daging apel lalu jadikan sebagai masker rambut.

5. Alpukat

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan selanjutnya adalah menggunakan alpukat. Buah alpukat memiliki kandungan asam oleat yang memiliki khasiat memperlambat kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut. Asam oleat yang berperan sebagai antioksidan dapat melindungi rambut dari produk – produk perawatan rambut yang dapat merusak kesehatan rambut.

Haluskan daging buah alpukat dan gunakan sebagai masker rambut, diamkan beberapa saat lalu bilas.

Baca juga : Bahaya Asam Lemak Trans Bagi Kesehatan, Konsumsi Gorengan Jadi Sumber Utamanya

6. Madu

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan menggunakan madu
Cara mengatasi rambut rontok berlebihan menggunakan madu

Madu mengandung pinocembrin yang merupakan antioksidan penting bagi kesehatan rambut karena pinocembrin mampu meremajakan dan memperbaiki sel – sel rambut yang rusak, menjaga kesehatan jaringan kulit kepala dan memperlancar sirkulasi darah yang diperlukan untuk rambut.

Penggunaan campuran madu dan alpukan merupakan kominasi yang sering digunakan dalam perawatan kulit.

7. Minyak Zaitun

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan menggunakan minyak zaitun
Cara mengatasi rambut rontok berlebihan menggunakan minyak zaitun

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan selanjutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat kesehatan terutama pada kecantikan. Sama dengan alpukat, minyak zaitun juga memiliki kandungan asam oleat yang baik bagi kesehatan kulit, menguragi bekas luka dan mengencangkan kulit untuk mencegah keriput.

8. Seledri

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan selanjutnya adalah menggunakan perasan herba seledri. Penelitian secara in vivo telah dilakukan pada perasan herba seledri dan menunjukan aktivitas membuat rambut lebih panjang dan tebal tanpa efek samping iritasi.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat menembus rongga rambut dan merangsang pertumbuhan rambut karena minyak ini mudah berikatan dan memiliki bobot molekul yang rendah.

10. Habbatusauda / Jintan Hitam

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Dengan 10 Bahan Alami Dari Sumber Jurnal Penelitian Hey Healthiest

Masyarakat Arab sering menggunakan biji habbatusauda untuk mengatasi rambut rontok karena mengandung senyawa aktif Thymoquinone yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi.

Referensi :

AL BAIHAQI, A. L. V. I. N., & Mustarichie, R. (2019). TANAMAN HERBAL BERKHASIAT SEBAGAI OBAT ANTIALOPECIA. Farmaka17(1), 111-126.

Sari, D. K., & Wibowo, A. (2016). Perawatan herbal pada rambut rontok. Jurnal Majority5(5), 129-134.


Share this :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *